11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung

Wisatasia – Wisata Lampung – Wisata Tulang Bawang –  Tulang bawang merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi lampung. Provinsi di pulau sumatera yang paling dekat dengan ibu kota Indonesia yakni provinsi Lampung ini ternyata menyimpan tempat wisata yang banyak. Kita ketahui bahwa potensi wisatawan yang berkunjung ke Lampung tidak lah sedikit. Bukan hanya dari penduduk lokal Lampung atau orang pribumi, banyak juga wisatawan luar negeri yang berkunjung ke Lampung hanya untuk sekedar berwisata. Sebab memang tempat wisata yang ada di provinsi Lampung ini sangat lah banyak mulai dari tempat wisata pantai, air terjun, pemandian sungai, pergunungan , dan lain sebagainya. Tulang bawang lah yang merupakan salah satu kabupaten dari provinsi Lampung yang memiliki potensi wisata cukup besar.

Tepat di ibu kota kabupaten tulang bawang yakni kota Menggala yang sangat sering sekali di kunjungi wisatawan. Di kota Menggala banyak sekali menyimpan tempat wisata menarik. Hal ini lah yang tidak kita herankan , bila banyak para wisatawan yang berkunjung kesini. Tapi sebenarnya bukan hanya kota Menggala saja, ternyata banyak lagi daerah lainnya yang ada di kabupaten tulang bawang yang memiliki tempat wisata yang menarik. Seperti pada postingan kali ini kami akan membagikan 11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung. Bagi sobat yang ingin berwisata ke wilayah ini maka beruntung sekali sobat berada disini. Sebab seperti kami sebutkan tadi , disini kami akan membagikan 11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung. Mungkin saja dapat bermanfaat buat sobat , Langsung saja coba lihat 11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung di bawah ini.


11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung


1. Berkeliling Kota Tua Menggala


Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, Kota Menggala merupakan ibu kota dari kabupaten tulang bawang. Banyak bangunan peninggalan sejarah yang terdapat di kota tua ini. Hal ini lah sangat di wajib kan bagi kamu yang berkunjung ke tulang bawang maka kurang lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke kota tua Menggala. Tidak hanya sekedar berkunjung, kamu juga dapat berkeliling di sekitar kota ini untuk melihat - lihat berbagai peninggalan sejarah. Tempat yang paling di rekomendasikan untuk kamu kunjungi di kota ini ialah Pasar Lama dan Dermaga Sungai Tulang Bawang yang cukup terkenal.


2. Tugu Nago Besanding


Tugu nago besanding merupakan sebuah bangunan atau landmark yang bersimbol naga. Layaknya seperti patung , icon tugu nago besanding ini juga menjadi ciri khas dari kabupaten tulang bawang barat. Tugu Nago Besanding ini terletak di Kelurahan Panaragan Jaya, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Bagi kamu yang lagi berkunjung ke kabupaten tulang bawang provinsi lampung, Maka kurang lengkap rasanya bila kamu tidak berkunjung ke Tugu Nago Besanding. Tidak hanya berfoto kamu juga dapat melihat bagaimana wajah asli dari tugu nago besanding ini dari jarak dekat.


3. Kampung Tambak Rawajitu Timur


Berjarak sekitar 128 kilo meter dari kota menggala kamu akan menemukan tambak udang yang sangat besar. Kampung tambak rawajitu timur ini terletak di kecamatan rawajitu. Tepat di paling ujung dari pusat kota kabupaten tulang bawang. Layaknya seperti tambak biasanya, di kampung tambak rawajitu timur kamu dapat melihat betapa besarnya tambak udang di sini. Pemandangan tambak ini sangat lah indah dan eksotis. Rekomendasikan bagi kamu yang ingin berkunjung kesini usahakan pada saat tambak di panen.


4. Rawa Pitu


Tempat wisata yang wajib kamu singgahi di tulang bawang ialah tempat wisata rawa pitu. Rawa pitu sangat sering sekali di singgahi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun luar negeri. Hal unik dari tempat wisata rawa pitu ini ialah setiap tahunnya atau musim - musim tertentu terdapat berbagai spesies burung yang dapat kamu jumpai. Kamu akan dapat mengenal berbagai banyak spesies burung yang ada di dunia ini. Bukan hanya burung dari indonesia , kamu juga akan menjumpai burung yang sangat jarang sekali kamu jumpai. Seperti sudah kami sampaikan tadi, itu pun hanya musim - musim tertentu saja berbagai spesies burung berada di rawa pitu. Banyak orang yang menyebutkan musim ini ialah musimnya para burung migrasi antar benua.


5.  Cakat Raya


Salah satu tempat wisata populer di kabupaten tulang bawang ialah tempat wisata cakat raya. Bagi kamu yang masih muda sangat cocok sekali tempat wisata ini untuk mu. Sebab tempat ini memang sangat menarik sekali. Tersedia berbagai tempat menarik di tempat wisata ini. Mulai dari bangunan yang sangat mirip dengan candi prambanan, rumah adat dari berbagai daerah di indonesia, dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat mengambil foto di seputar tempat ini. Seperti sudah kami sampaikan tadi, kebanyakan pengunjung di cakat raya ini ialah para anak muda.


6. Rawa Pacing


Selain rawa pitu ternyata kabupaten tulang bawang juga memiliki banyak tempat wisata rawa. Dan salah satunya lagi, tempat wisata rawa yang sangat terpopuler di tulang bawang provinsi lampung ialah rawa pacing. Hampir sama dengan rawa pitu tadi, di tempat wisata rawa pacing ini juga sering di singgahi berbagai spesies burung. Kebanyakan satwa burung langkah dari australia lah yang sangat sering bermigrasi ke rawa pacing ini. Di rekomendasikan kepada kamu yang ingin berwisata ke rawa pacing ini pada saat musim hujan saja. Sebab pada musim hujan lah biasanya berbagai satwa burung dari australia bermigrasi ke rawa pacing ini. Tidak hanya melihat burung , kamu juga dapat melihat pemandangan eksotis dari rawa pacing.


7. Monumen Patung Tugu Rato


Bagi kamu yang lagi mencari tempat nongkrong paling populer di tulang bawang barat. Maka jawabannya adalah monumen patung tugu rato, tempat ini lagi sangat hits bagi seorang anak muda di daerah tulang bawang barat. Monumen patung tugu rato ini berada wilayah administratif Kampung Rawa Kebo, Panaragan Jaya, kabupaten Tulang Bawang Barat. Tak butuh waktu lama untuk menjadikan bangunan ini sebagai landmark baru kebanggaan warga. Meskipun cepat, pembangunan monumen patung tugu rato ini juga tidak asal bangun. Hasil dari pembuatan monumen patung tugu rato ini terlihat sangat menarik dan unik. Bagi kamu yang ingin mengambil foto maka tempat Monumen Patung Tugu Rato ini sangat cocok bagi kamu. Baik itu foto sendiri atau pun bersama.


8. Masjid Islamic Center Tulang Bawang Barat


Seperti namanya masjid islamic center ini terletak di kabupaten tulang bawang barat provinsi lampung. Mesjid megah ini memiliki testur yang sangat unik, seperti layaknya mesjid di negara timur tengah. Jika berwisata maka mengunjungi masjid merupakan hal yang pasti tidak kita lewat kan bagi seorang muslim. Masjid agung baitus shobur dan sesat agung bumi gayo merupakan salah satu masjid yang sangat populer di kabupaten tulang bawang barat provinsi lampung.


9. Kuala Teladas


Ada banyak warga Tulang Bawang yang menggantungkan hidupnya dari hasil perikanan. Sebagian besar dari masyarakat kabupaten ini memang memiliki karamba yang digunakan untuk budidaya berbagai jenis kan dan udang. Salah satu yang cukup terkenal adalah kawasan Kuala Teladas. Kuala Teladas merupakan sebuah kawasan yang dipenuhi dengan perkampungan masyarakat air. Di karamba-karamba warga traveler bisa menyaksikan budidaya ikan baung, patin, mas serta ikan-ikan lainnya yang memiliki nilai konsumsi dan ekonomi yang tinggi. Kalau mau traveler bisa tuh membeli hasil perikanan dan mencicipi aneka olahan ikan di tempat ini.


10. Way Tulang Bawang


Sungai terbesar yang ada di provinsi lampung dapat kamu jumpai disini. Tepat berada di kabupaten tulang bawang terdapat sungai yang cukup besar, membelah kota menggala sehingga menjadi dua bagian. Sungai ini memiliki lebar sekitar 200 meter dan panjang puluhan meter. Banyak juga para traveler yang singgah ke sungai terbesar di provinsi lampung ini. Tidak hanya sekedar berfoto , kamu juga dapat merasakan betapa segarnya mandi di sungai terbesar provinsi lampung ini. Pada saat hari - hari besar misal 17 agustus , biasanya sungai ini akan di ada kan perlombaan. Seperti perlombaan perahu hias, lomba dayung, lomba memancing, dan masih banyak lagi.


11. Taman Agrowisata


Satu tempat lagi yang layak untuk kamu kunjungi di kabupaten tulang bawang barat. Yakni tempat wisata Taman Agrowisata , tempat wisata ini terletak di Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tempat wisata ini di kembangkan untuk tujuan agro sekaligus untuk pusat penelitian budidaya tanaman buah unggul. Kamu dapat melihat berbagai jenis buah yang ada di area taman ini. Para wisatawan yang berkunjung kesini juga sangat umum, semua golongan dapat berkunjung ke sini. Mulai yang pribadi sampai antar sekolah, kampus, dan sebagainya. Disini kamu dapat belajar bagaimana caranya budidaya tanaman yang benar dan baik.

Nah itu lah 11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung. Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini. Jangan lupa share artikel ini dan ikuti terus informasi seputar wisata di indonesia terbaru hanya di wisatasia

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Curup Rejang Lebong Provinsi Bengkulu

Please Share :)

Dapatkan Artikel Terbaru via Email :

0 Response to "11 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Tulang Bawang Provinsi Lampung"

Posting Komentar