12 Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi di Kepulauan Mentawai Sumbar

Wisatasia – Wisata Sumbar – Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten dari profinsi sumatera barat. Kepulauan mentawai ialah pulau yang berjarak cukup dekat dengan pulau sumatera. Seperti sudah kami sebutkan tadi daerah kepulauan mentawai ini termasuk kedalam daerah profinsi sumbar atau sumatera barat. Berbeda dengan padang yang merupakan kota besar sekaligus ibu kota sumatera barat. Di kabubaten Kepulauan Mentawai sumbar sendiri ada banyak destinasi wisata yang dapat kita kunjungi. Dari mulai destinasi wisata air terjun, danau, pergunungan, sampai pantai tersedia di kabupaten Kepulauan Mentawai sumatera barat ini.

Seperti judul artikel kita kali ini kami akan membagikan 12 Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi di Kepulauan Mentawai Sumbar. Bagi kamu yang lagi berkunjung di sini atau lagi pemikiran ingin ke pulau mentawai, bisa lihat di bawah ini destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi. Silahkan pilih manakah destinasi wisata yang kamu anggap menarik sesuai keinginan kamu.


12 Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi di Kepulauan Mentawai Sumbar


1. Pantai Nyangnyang

pitstophill.com
Salah satu destinasi wisata di kepulauan mentawai ialah pantai nyangnyang. Pantai ini sendiri terletak di pertengahan pulau yang ada di kepulauan mentawai. Kita ketahui di kabupaten kepulauan mentawai sendiri ada banyak pulau yang terpisah dan salah satunya ialah pulau nyangnyang. Pantai nyangnyang ini berada di Kecamatan Siberut Selatan pulau nyangnyang. Kurang lebih 2 jam untuk dapat sampai ke pantai nyangnyang jika dari kota kecamatan. Dan harus menggunakan angkutan laut seperti speedboat untuk dapat sampai ke pantai ini. Konon katanya ombak di pulau ini cukup besar dan termasuk ombak tertinggi yang ada di dunia.


2. Pantai Awera

tripadvisor.co.id
Agak ketimur sedikit dari pulau nyangnyang maka kamu akan menemukan destinasi wisata pantai yakni pantai awera. Sama juga seperti di pantai nyangnyang tadi, pantai awera ini terletak di satu pulau yakni pulau awera. Untuk dapat sampai ke pantai ini harus menggunakan transportasi laut seperti kapal jika dari kota kecamatan. Pantai awera sendiri terletak tepat di depan ibukota Tuapejat. Pemandangan di pantai ini juga indah , bagi kamu yang suka diving dengan alam bawah laut tempat ini lah yang cocok untuk mu. Sebab air di pantai ini cukup jernih dan berwarna biru. Alam bawah laut pantai awera sendiri masih terjaga ekosistemnya termasuk ikan dan terumbu karang. Jadi ngak nyesel deh kalau kamu berwisata ke sini.


3. Air Terjun Bat Soumang

triptrus.com

Tidak hanya destinasi wisata pantai , di kepulauan mentawai ada beberapa destinasi wisata air terjun yang dapat kamu kunjungi. Salah satu destinasi wisata air terjun di kepulauan mentawai ialah air terjun bat soumang. Lokasi wisata air terjun bat soumang sendiri terletak di pulau terbesar dari kepulauan mentawai. Tepat di pendalaman tengah hutan ada air terjun yang di sebut air terjun batsaomang. Terletak di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai.


4. Air Terjun Kulu Kubuk

waterwaterfall.blogspot.com

Destinasi wisata air terjun di kepulauan mentawai berikut nya ialah air terjun kulu kubuk. Sama juga dengan air terjun bat saomang , air terjun kulu kubuk ini terletak di Desa Madobak, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di tengah pendalaman hutan desa ini akan kamu temukan air terjun yang disebut air terjun kulu kubuk. Keindahan di air terjun kulu kubuk ini juga masih terjaga sebab kita ketahui letaknya sangat jauh dari penduduk setempat sehingga tempatnya juga masih terlihat bersih. Sesampai di sana kamu akan di hadirkan hawa segar dan air tawar yang jernih dari air terjun kulu kubuk ini. Tidak hanya berfoto kamu juga dapat mandi sekaligus merasakan segarnya air dari air terjun kulu kubuk ini.


5. Pantai Bulasat

abburukeng88.blogspot.com

Pulau Nyang Nyang yang terletak di Desa Katurei memiliki ombak pantai yang amat tinggi. Ombak mencapai 4 meter akan kamu temukan di pulau nyangnyang. Dan pulau lainnya yang memiliki ombak yang tinggi ialah pulau karamajat. Meskipun banyak pantai pada pulau ini ada yang tinggi hingga sampai 4 meter. Akan tetapi ada juga beberapa pantai di pulau ini yang memiliki ombak yang kecil dan tenang. Salah satu pantai tersebut ialah pantai bulasat yang terletak di dusun Bulasat. Untuk dapat sampai ke pantai ini kamu harus melewati perbukitan dan jika dari kota kecamatan waktunya kurang lebih 3 jam untuk dapat sampai ke lokasi pantai bulasat ini. Sesampai disana kamu akan di hadirkan pantai dengan pasir putih di daerah pesisir pantainya.


6. Danau Rua Oinan

foresteract.com

Desa Madobak yang terkenal dengan air terjun Kulu Kubuknya setinggi 70 meter. Berikut nya yang tidak jauh dari desa ini kamu akan menemukan tempat wisata danau yakni bernama danau rua oinan. Danau ini terbentuk seperti muara dengan di kelilingin pohon besar seperti sagu di sekelilingannya. Danau ini sendiri terletak di tengah hutan di dusun saumanganyak.


7. Pantai Karamajat

fistatourminang.com

Tidak hanya terkenal dengan tattonya, kepulauan mentawai juga terkenal dengan ombak yang sangat besar dan tinggi pada pantainya. Dan salah satu pantai yang memiliki ombak besar di kepulauan mentawai ialah pantai karamajat. Pantai karamajat ini terletak di pulau karamajat dari kepulauan mentawai. Disini kamu akan di hadirkan suasana angin sepoi - sepoi yang cukup kencang. Ombak di pantai pulau karamajat ini mencapai 2-4 meter. Dari segi keindahan pantai ini juga tidak kalah dengan beberapa pantai yang ada di kepulauan mentawai. Sesuai dengan ombaknya yang tinggi dan besar , sangat cocok bagi kamu yang suka surfing di pantai karamajat ini.


8. Pantai Katiet Bosua

thetravelous.webly.com

Pantai dengan ombak besar dan tinggi di kepulauan mentawai ialah pantai katiet bosua. Pantai ini terletak di Dusun Katiet, Desa Bosua, Kecamatan Sipora, Kepulauan mentawai. Untuk dapat sampai ke lokasi pantai ini kamu harus menggunakan kendaraan air misal kapal atau speedboat dari kelurahan Tuapejat. Cocok untuk kamu yang ingin surfing disini , sebab ombak di pantai ini mencapai ketinggian 3-4 meter.


9. Pantai Siruso

cronustravel.blogspot.com

Destinasi pantai berikutnya dari kepulauan mentawai ialah pantai siruso. Seperti nama nya pantai ini terletak di pulau siruso di kecamatan sikakap. Untuk dapat ke lokasi pantai ini kamu harus menggunakan kapal atau speed boat dari sikakap. Dan lama waktu perjalanan dari sikakap ke lokasi pantai kurang lebih sekitar 1 jam-an. Sesampai disana kamu akan di hadirkan dengan jernih nya air laut yang berwarna biru dan putihnya pasir di daerah pesisir pantai siruso ini.


10. Pantai Pokai

triptrus.com

Sebagai pulau terbesar di kepulauan mentawai. Pulau ciberut memiliki banyak destinasi wisata yang dapat kamu temui. Salah satu destinasi wisata dari pulau ciberut ini ialah wisata pantai pokai. Pantai ini terletak di daerah pulau ciberut utara Desa Simalegi. Di sepanjang Pantai Pokai ini terdapat pohon pinus berwarna hijau yang subur. Wisata pantai pokai dari pulau ciberut utara ini juga terkenal kesejukannya, hal ini mungkin karena banyaknya angin di daerah pantai ini. Sehingga membuat ombak di pantai ini juga tidak tenang. Jika dari kota kecamatan kamu harus menggunakan transportasi laut seperti speedboat untuk dapat sampai ke pantai ini. Pemandangan di pantai ini juga indah , Kamu juga dapat berpindah atau berwisata ke pulau yang berjarak tidak begitu jauh dari pulau ini. Kurang lebih 5 menit waktu yang kamu gunakan untuk dapat berpindah dari pulau satu ke pulau lainnya.


11. Pantai Karoniki

abiagds.wordpress.com

Pantai karoniki merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di kepulauan mentawai. Tidak hanya terkenal dengan keindahannya , pantai ini juga sering di jadikan tempat bertelurnya para penyu. Banyak telur penyu di temukan di pesisir pantai karoniki ini. Dilarang keras bagi kamu yang mengambil atau mencari telur penyu di pesisir pantai karoniki. Seperti namanya pantai ini terletak di Pulau Koroniki, Kecamatan Siberut Selatan. Untuk sampai ke lokasi pantai butuh waktu sekitar satu jam dari kota kecamatan. Kamu juga harus menggunakan transportasi laut untuk dapat sampai ke lokasi pantai ini. Sesampai di sana kamu akan di hadirkan gulungan ombak tinggi dan tebing-tebing tinggi. Banyak juga para penduduk setempat yang menyediakan fasilitas panjat tebing di pantai ini.


12. Teluk Sinakak

tripadvisor.co.id
Teluk Sinakak adalah pilihan tempat terbaik bagi kamu yang ingin berwisata di kepulauan mentawai. Tidak hanya di hadirkan pemandangan laut yang indah, disini kamu juga dapat menikmati sunset atau menikmati matahari tenggelam dari pesisir pantai. Seperti namanya teluk sinakak terletak di Desa Sinakak. Untuk sampai ke lokasi teluk sinakak ini kamu harus menggunakan transportasi laut dan menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari kota kecamatan.


Nah itu lah 12 Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi di Kepulauan Mentawai Sumbar. Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini. Jangan lupa share artikel ini dan ikuti terus informasi seputar wisata di indonesia terbaru hanya di wisatasia

Please Share :)

Dapatkan Artikel Terbaru via Email :

1 Response to "12 Tempat Wisata Yang Wajib di Kunjungi di Kepulauan Mentawai Sumbar"

  1. Untuk desitnasi wisata di pulau saumang kayanya bagus. Saya pernah ke saumang sekali waktu itu saya ke saumang berangkat dari desa lakkau-Limoksua

    BalasHapus